Apa itu ISO 27001:2022 ?

ISO/IEC 27001:2022 Adalah standar/panduan/kerangka kerja tentang sistem manajemen keamanan informasi (Information Security Management System/ISMS) yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC) . Standar ini memberikan pedoman dan prinsip untuk mendesain, menerapkan, mengoperasikan, memantau, memeriksa, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi di suatu organisasi.. Organisasi harus mengelola risiko yang terkait dengan ancaman keamanan informasi, termasuk kebijakan, prosedur, dan pelatihan staf.

Versi 2022 merupakan versi terkini yang dipublikasi bulan 25 oktober tahun 2022 dan diakui secara internasional dan termasuk paling populer di seluruh dunia.

Standar ini telah diperbarui untuk mencerminkan lanskap teknologi dan keamanan informasi yang terus berubah dan untuk memastikan bahwa organisasi dapat melindungi data dan aset mereka dari ancaman keamanan cyber.

Manfaat penerapan ISO 27001 :

1. Kepatuhan Hukum dan Peraturan Membantu Mengurangi Risiko Kemanan Informasi dan Privasi:

  • Standar ini memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko keamanan informasi yang mungkin mempengaruhi keandalan dan keamanan sistem informasi.
  • ISO 27001 membantu organisasi melindungi informasi penting dan sensitif, termasuk data karyawan, informasi pelanggan, dan informasi bisnis yang bersifat rahasia, dari risiko keamanan yang beragam. Pandangan yang baik dari pelanggan dan stakeholder bahwa organisasi memperhatikan keamanan informasi yang dimilikinya dengan serius, mengidentifikasi risikonya, dan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mengatasinya.
  • Keamanan informasi yang buruk dapat menimbulkan kerugian, baik hal tersebut dapat menyebabkan pelanggaran terhadap informasi rahasia mereka sendiri maupun informasi rahasia pelanggan mereka.
  • Beberapa persyaratan ISO 27001 juga memenuhi kepatuhan UU No. 27 Tahun 2022 terkait perlindungan data pribadi, sehingga memberikan jaminan informasi yang jauh lebih besar secara keseluruhan.

2. Kepatuhan Hukum dan Peraturan:

  • Membantu organisasi memenuhi persyaratan keamanan informasi yang diatur oleh undang-undang, peraturan, dan kebijakan yang berlaku.
  • Menyediakan framework yang terstruktur untuk mengelola keamanan informasi. Implementasi standar ini membantu organisasi mengidentifikasi dan mematuhi persyaratan hukum yang relevan dengan cara yang efisien dan terukur.
  • Membantu organisasi mematuhi persyaratan keamanan informasi dalam kepatuhan kontraktual dengan klien, mitra bisnis, atau pihak lain.

3. Kepuasan Pelanggan dan Pemangku Kepentingan:

  • Implementasi ISO 27001 dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pemangku kepentingan dengan menunjukkan komitmen serius dalam melindungi informasi dan memastikan keamanan yang tepat.
  • Kemanan informasi yang buruk, berita pelanggaran yang terekspos dapat sangat merusak reputasi organisasi, dengan penerapan ISO 27001 organisasi dapat mengidentifikasi dan mencegah risiko pelanggaran sebelum terjadi.
  • Lembaga sertifikasi terakreditasi akan mengaudit Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) organsiasi secara independen, tentu ini akan memperkuat kepercayaan tersebut. Pelanggan akan dengan cepat dan mudah melihat bahwa mereka tidak meragukan keamanan operasi organisasi karena organisasi dapat membuktikan telah memenuhi standar sistem manajemen ISO yang relevan.

4. Efektivitas Biaya, Efisiensi dan Produktivitas:

  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan informasi secara proaktif dapat membantu organisasi menghindari biaya potensial yang timbul akibat insiden keamanan informasi, seperti pelanggaran data atau kebocoran informasi sensitif.
  • ISO 27001 memerlukan analisis dan peningkatan berkelanjutan terhadap proses keamanan informasi. Dengan melakukan ini, organisasi dapat mengidentifikasi area yang membutuhkan efisiensi dan perbaikan, yang pada akhirnya dapat menghemat waktu dan biaya operasional.
  • Mematuhi standar keamanan informasi seperti ISO 27001 dapat membantu organisasi mengurangi risiko hukum dan potensi sanksi yang dapat mengakibatkan biaya tambahan seperti denda dan litigasi.
  • Dengan menyediakan panduan dan prosedur yang jelas melalui ISO 27001, karyawan dapat bekerja lebih efisien dan produktif dalam mengelola keamanan informasi, menghemat waktu yang sebelumnya bisa terbuang.

5. Perbaikan Berkelanjutan:

  • ISO 27001 mendorong siklus perbaikan berkelanjutan (PDCA – Plan-Do-Check-Act), yang membantu organisasi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan sistem keamanan informasi mereka.

Tinggalkan komentar